Selasa, 23 Juni 2020

Perhatikan Waktu Tidur Bayi Hingga Ia Berusia 12 Bulan Berikut Ini




Jam tidur bayi bisa punya pengaruh pada tumbuh kembangnya Tidur jadi salah satunya keperluan buat manusia, termasuk juga bayi buat istirahatkan badan serta mendapatkan energi baru. Biasanya, bayi memerlukan jam tidur yang semakin panjang dibanding orang dewasa untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Namun, waktu tidur bayi makin lama akan menyusut bersamaan pertambahan umur. Bayi yang mendapatkan cukup tidur juga umumnya terlihat ceria serta tidak rewel. Lalu, berapakah lama jam tidur bayi yang pas?

Jam tidur bayi berdasar umurnyaJika orang dewasa memerlukan waktu 7-8 jam satu hari untuk tidur, karena itu lain perihal dengan bayi. Berikut jam tidur bayi berdasar umurnya:

Bayi berumur 0-3 bulan

Biasanya, bayi baru lahir tidak mempunyai jadwal tidur yang tentu. Sang Kecil juga masih belajar untuk memperbedakan di antara siang serta malam. Jam tidur bayi baru lahir kira-kira seputar 16-20 jam satu hari, tetapi bayi dapat terjaga tiap 2-4 jam sekali tiap berasa lapar atau mungkin tidak nyaman. 

Baru pada 12 minggu pertama kelahirannya, bayi mulai meningkatkan jadwal tidur siang serta malam. Di umur 3 bulan, jam tidur bayi juga rerata jadi 14-15 jam dalam satu hari.


Pada umur ini, sejumlah besar bayi tidur semasa 10-18 jam dalam satu hari. Tetapi, rerata bayi memerlukan waktu seputar 14 jam. Walau tumbuh secara cepat, tapi sang Kecil masih terjaga untuk menyusu walaupun tidak sekerap dahulu. Jadwal tidur juga beragam, tetapi bayi biasanya tidur 3x di siang hari.

Bayi berumur 6-12 bulan

Dalam bulan-bulan ini, umumnya bayi tidur seputar 13-14 jam satu hari. Bayi biasanya tidur siang sekitar 2x semasa 1-2 jam, sesaat tidur malam kira-kira memerlukan waktu semasa 11 jam. Pada umur ini, saat sang Kecil terjaga pada malam hari, dia perlu ditenangkan agar tidur kembali lagi. Seputar 1 dari 10 bayi melakukan sekitar 3-4 kali dalam tadi malam.

Namun, ingat-ingatlah jika jam tidur tiap bayi bisa tidak sama. Sang Kecil kemungkinan memerlukan waktu yang semakin banyak atau semakin sedikit dibanding ini.

[[artikel-terkait]]

Panduan menolong bayi tidur nyenyakBayi yang tidak tidur dengan pulas dapat jadi rewel selama seharian. Ini kadang membuat beberapa orang-tua kerepotan. Berikut panduan menolong bayi tidur pulas yang dapat Anda kerjakan:

Aplikasikan pola tidur harian. Kualitas tidur bayi terbaik saat mempunyai jam tidur serta waktu bangun yang persisten. Namun, jangan kurangi jam tidur siang untuk menggerakkan tidur malam sebab dapat mengakibatkan bayi kecapekan serta tidur malam justru bertambah lebih jelek.

Kerjakan satu kegiatan rutin sebelum tidur. Anda dapat ajak bayi beraktivitas yang tenang serta membahagiakan, seperti mandi air hangat atau membaca buku narasi sebelum tidur dengan cara persisten. Ini bisa melakukan perbaikan situasi hati bayi hingga mendorongnya tertidur dengan pulas.

Tekankan lingkungan kamar tidur persisten. Bikinlah lingkungan kamar tidur bayi sama juga dengan jam tidur saat malam hari dimana lampu remang-remang, udara sejuk, serta tidak ada keributan. Disamping itu, keamanan serta kenyamanan tempat tidur bayi penting diingat. Jauhi ada boneka atau selimut tebal di seputar tempat tidur sang Kecil sebab beresiko mengakibatkan bayi alami kematian tiba-tiba. 

Lihat pertanda bayi mengantuk. Bayi semakin lebih gampang tertidur saat dia memperlihatkan pertanda mengantuk, seperti menangis atau menggosok mata. Bila sang Kecil lakukan hal itu, bawa dia ke tempat tidurnya. Tempatkan bayi saat dia telah mulai mengantuk.

Semasa bayi tertidur, Anda pun seharusnya turut tertidur supaya mendapatkan kembali lagi energi sesudah kecapekan mengatur sang Kecil sepanjang hari. Sesaat, bila Anda cemas bayi seringkali rewel serta susah tidur, konsultasilah pada dokter untuk ketahui pemicunya.
Share:
Lokasi: Indonesia

Copyright © Bayi & Menyusui | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com